EMAK-EMAK BLOGGER JEPARA

Sejauh pengamatan saya dalam beberapa bulan terakhir, tidak banyak blogger yang berasal dari Jepara.
Barangkali di kota kecil ini, dunia tulis menulis (blog erat kaitannya dengan menulis), belum menggeliat layaknya kota besar seperti Yogyakarta.
Blog dan tetek bengeknya masih sangat asing terdengar di telinga warga Jepara untuk tidak menyebut sama sekali tidak mengenalnya.
Sebetulnya pencarian dan pengamatan saya tentang blogger Jepara adalah karena saya ingin menimba ilmu secara langsung kepada beliau-beliau yang sudah lebih berpengalaman dan memperoleh penghasilan dari blog.
Mungkin ada suatu wadah dimana saya mendapatkan tidak hanya materi namun juga praktek langsung belajar nge-blog.
Iya, jawabannya memang ada.
Komunitas ini dikenal dengan Blogger Jepara Community (JBlog). Namun menurut foundernya, kini komunitas ini kurang begitu aktif. Maklum, tanggapan masyarakat Jepara masih belum antusias. Anda akan tahu siapa foundernya bila membaca postingan ini hingga bawah.
Pencarian saya dimulai dengan mengetikkan keyword "blogger jepara".
Hasilnya bikin saya agak merinding. Berikut penampakannya:

EMAK-EMAK BLOGGER JEPARA

Dari sekian banyak hasil penelusuran, saya tahu bahwa beberapa blog yang muncul sudah sangat usang. Tidak pernah diupdate. Hanya satu blog yang memakai domain TLD sekaligus memaksa saya mengkerucutkan kening.

Setelah meluncur ke TKP, tak di sangka owner dan founder-nya ternyata ibu dua orang anak. W-O-W.

"Keren banget nih ada emak blogger dari Jepara," pikir saya.

Setelah melakukan penelusuran baik di sengaja maupun tidak, emak-emak blogger Jepara yang tetap eksis dan berhasil sukses memanen rizki dari nge-blog sebagai berikut:


1. Susi Ernawati Susindra-www.susindra.com

Anda lihat blog yang saya beri tanda merah di atas tadi? Nah, beliau ini adalah pemiliknya.

Beliau juga yang merintis komunitas Blogger Jepara (JBlog). Namun saat ini masih vakum. Saya mendapat bisikan akan aktif kembali setelah pindah rumah.

EMAK-EMAK BLOGGER JEPARA
Ibu dua anak ini termasuk blogger yang aktif dan produktif. Tidak hanya menyangkut postingan namun juga penghasilan.

Lihat saja di blognya banyak sekali iklan review berbagai produk di sana.

Hebatnya blog tersebut sudah menggunakan TLD alias Top Level Domain, berbeda dengan punyaku yang masih gratisan dengan embel-embel blogspot.

Bagi saya hal itu menunjukkan dua hal. Pertama, Mbak Susi merupakan termasuk emak yang melek teknologi, terutama internet. Kedua, emak satu ini bukan sembarang emak.

Berikut penampakan blog milik Mbak Susi. Keren kan?

EMAK-EMAK BLOGGER JEPARA


Untuk menjawab rasa penasaran saya, mau nggak mau saya ngubek-ngubek blog milik Mbak Susi dan saya menemukan apa yang saya cari.

"Pantas saja blognya begitu aktif," gumamku.

Apa yang membuat saya menggumam?

Nih tak kasih tahu prestasi yang pernah diraih oleh Mbak Susi:
1. 50 besar Srikandi Blogger Indonesia (Januari 2014)
2. Undangan di MICE 2014 sebagai blogger di Jakarta (10-11 Desember 2014)
3. Juara 1 Reward Sobat Wegi
4. Juara 1 blog & twit competition WEGI 2016

Itu hanya sebagiannya aja lho. Kalau di tulis semua nanti tambah panjang postingan ini.

O iya, Mbak Susi ini orangnya ramah dan baik hati selalu membalas pertanyaan saya melalui email. Maklum, saya yang newbi harus banyak belajar dengan para senior.

Sebenarnya juga saya dibisiki fee untuk review iklan di blognya tapi sepertinya masih tabu bila saya beberkan di sini. Besar harapan dapat menimba ilmu blog lebih dalam bersama beliau.

2. Rosalina Susanti-www.rosasusan.com

Saya mengetahui namanya baru tadi pagi saat membaca tentang berdirinya komunitas AMJ (Akademi Menulis Jepara). Status keresahan dan kegelisahannya ingin belajar tehnik menulis direspon dengan serius dan cepat oleh beberapa pihak hingga lahirnya AMJ.

EMAK-EMAK BLOGGER JEPARA
"Emang siapa toh Mbak Rosa itu?" tanya diri sendiri

Karena di sana disebutkan bahwa Mbak Rosa itu seorang blogger Jepara, maka saya langsung browsing namanya dan nemu blog pribadinya.

Mbak Rosa juga blogger yang aktif dan produktif. Juga banyak iklan review di sana.

EMAK-EMAK BLOGGER JEPARA


Isi postingan blognya gado-gado seputar lifestyle dann kehidupan beliau sehari-hari. Ya, semacam diary.

Blognya sudah memakai TLD yang artinya berbayar dan tidak gratisan seperti blog ini. Bahkan sudah ada iklan google atau yang familiar dikenal dengan google adsense.

Saat ini Mbak Rosa tinggal di Semarang bersama suami dan anak pertamanya.

3. Anda

Bukan tidak mungkin emak blogger Jepara selanjutnya adalah Anda.

Menjadi emak blogger sangat menarik. Bisa dikerjakan di rumah dan tetap momong anak sekaligus menceritakan pengalaman dan kegiatan pengasuhan bersama anak. Ini semua menjadi satu topik yang disebut parenting.

Dalam jangka panjang, meski di rumah, emak blogger juga memperoleh penghasilan dari berbagai cara, misal pembicara, iklan review, content writer, dan lain-lain.

Kuncinya terletak pada KETEKUNAN. Tidak perlu diorientasikan untuk memperoleh penghasilan. Seperti kata Mbak Rosa, bila tekun uang pun mengikuti.

Mbak Susi dan Mbak Rosa juga tidak menyangka bila pada akhirnya mereka kebanjiran job dari nge-blog.

Sementara baru dua nama emak blogger Jepara yang sudah mentereng. Jadi, kapan kira-kira saya dapat menambahkan nama Anda pada urutan berikutnya?

0 Response to "EMAK-EMAK BLOGGER JEPARA "

Post a Comment