PROSES BALIK NAMA SEPEDA MOTOR DI JEPARA

Beberapa minggu yang lalu ada seorang teman yang juga tetanggaku mengajak untuk melakukan balik nama sepeda motor. Aku kasih dia sedikit wawasan dan segala hal yang perlu di persiapkan sebelum berangkat ke SAMSAT  Online Jepara.
Sedikit banyak aku tahu prosesnya karena pada awal tahun 2017 aku sudah lebih dulu melakukan balik nama sepeda motorku Supra X 125. Sayangnya BPKB belum juga jadi bahkan hingga tulisan ini selesai.
Prosesnya cepat dan mudah. Asli kagak bohong. Hanya saja sebagian orang masih kebingungan karena belum pernah melakukannya sama sekali, termasuk temanku dan beberapa orang yang aku temui ketika di SAMSAT.
Bila Anda berniat untuk balik nama sepeda motor di Kabupaten Jepara, maka sebaiknya hindari calo. Soalnya harganya bisa selangit. Akan lebih mudah bila kamu mengajak kerabat atau teman dekat yang lebih berpengalaman. Selain biaya lebih murah. Toh juga bisa menambah keakraban. Lebih bagus bila sekalian jalan-jalan karena prosesnya memang benar-benar cepat.
Kamu yang ingin melakukan balik nama sepeda motor di Jepara, berikut catatan yang kamu perlu perhatikan terbagi dalam dua kategori.

Sebelum Berangkat ke SAMSAT

1. Bawa dokumen-dokumen yang diperlukan
  1. KTP milik Anda sendiri, bukan pemilik lama (Asli & Fotocopy 4 lembar)
  2. BPKB (Asli & Fotocopy 1 lembar)
  3. STNK (Asli & Fotocopy 1 lembar)
  4. Kuitansi Pembelian Bermaterai (Asli & Fotocopy 1 lembar). Tinggal beli di kantin SAMSAT. Nanti diisi datanya saat itu juga. Namun saya sarankan agar bawa dari rumah. Gampang kok buatnya. Tinggal minta ke tetangga atau toko selembar kuitansi kosongan. Benar-benar kosong. Tempelkan materai 6000. Isi data dan tandatangan. Beres!

Catatan: fotocopy semua dokumen di atas di rumah aja. Di SAMSAT  sih sebenarnya ada fotocopy, namun harganya selangit.
2. Jangan lupa bawa obeng
Sebenarnya obeng ini nantinya digunakan untuk membuka dek motor guna melihat nomor kendaraan saat uji fisik, namun yang aku lihat di lokasi SAMSAT kebanyakan orang kerepotan membuka dek motornya. Bukan karena tidak bisa, namun karena tidak ada alatnya. Kamu perlu tahu SAMSAT tidak mau repot-repot dengan membukakan dek motormu. Mereka juga tidak menyediakan obeng. Bahkan sebagian orang harus rela pergi ke bengkel hanya untuk aktivitas ini. Tentu kamu tidak ngin melakukannya, bukan? Jadi, bawa obeng sendiri biar proses lebih mudah.
3. Bawa bulpoin sendiri
Orang cerdas itu orang yang berfikiran efektif dan praktis. Di sana disediakan bulpoin, namun kita tidak pernah tahu namanya keadaan. Bisa jadi bulpoin telah hilang ataupun macet. Di sinilah pentingnya kamu membawa bulpoin sendiri biar lebih cepat menulis dan melengkapi data.
4. Uang
Jelas. Bawalah uang yang cukup, banyak lebih baik. 1 juta aman. Pengalaman temanku kemarin seluruhnya habis Rp 540.000,- untuk motor Honda Green. Biaya BPKB baru sebesar Rp 225.000,- selebihnya untuk pajak, administrasi, dll yang tertera di STNK.
5. Safety riding
Bawa perlengkapan safety riding misal helm. Bukan untuk menghindari kepolisian, namun lebih untuk keamanan, keselamatan dan kenyamanan berkendara.
6. Bensin Memadai
Pastikan bensin cukup untuk pergi ke lokasi SAMSAT . Jangan sampai motor mogok ditengah jalan hanya gara-gara kehabisan bensin. Aku lebih senang mengisi bensin full setiap bepergian. Sekedar jaga-jaga.

Saat Tiba di SAMSAT

Udah tiba di SAMSAT ? Wah kok cepet banget sih. Iya lah, lha aku berangkat dari rumah jam 06.30 WIB. Tiba di SAMSAT masih terhitung pagi. Loket juga belum buka. Namun beberapa orang sudah mulai berdatangan.
Aku berangkat pagi . . .
. . .  karena suasana masih adem. Tidak panas di jalan. Berkendara pelan-pelan. Menikmati ramainya jalanan. Tiba di lokasi juga bisa ngobrol dengan beberapa orang sekaligus kenalan.
Pasti lebih asyik!
Mas Aslam, udah deh jangan cerita melulu. Setelah tiba di lokasi SAMSAT, terus gimana?
1. Letakkan motor di uji fisik
Tidak perlu parkir dulu. Langsung bawa motormu ke tempat uji fisik.
2. Ambil stofmap
Sebenarnya di tempat uji fisik belum di wajibkan membawa stofmap, namun biar kelihatan rapi aja. Kamu tidak perlu beli kok. SAMSAT sudah menyediakan stofmap gratis yang bisa diambil di ruang utama. Tinggal masuk ruang nanti di meja nampak beberapa tumpukan stofmap. Ambil satu aja ya. Jangan lupa kasih senyuman dengan petugas jaga.
3. Mengumpulkan dokumen
Masih ingat dengan dokumen-dokumen di atas tadi. Itu lho yang dokumen asli dan fotocopy. Ya, masukkan semuanya ke dalam stofmap.dan kumpulkan ke loket UJI FISIK. Tunggu hingga namamu dipanggil. Sabar. Orang sabar disayang pacar, eh Tuhan.
4. Gosok nomor kendaraan (uji fisik)
Dari loket uji fisik, kamu akan menerima satu kertas warna kuning berbentuk persegi panjang yang nantinya akan digunakan untuk menggosok nomor kendaraan. Kasihkan aja lembar kuning tersebut ke petugas dan biarkan dia melakukan tugasnya. Bila sudah selesai, parkirkan motormu dilahan yang telah di sediakan dan kembalikan lembar kuning itu ke loket uji fisik tadi dan kamu akan menerima beberapa dokumen dalam stofmap yang kamu bawa sebelumnya. Cukup dilihat aja. Jangan coba-coba dirubah isinya. What the next?
Bawa stofmap ke Polres Jepara
Lho ngapain kita harus ke Polres Jepara. Benar-benar repot. Ya nggak sih? Silahkan ngomel-ngomel nggak apa-apa kok. Yang penting kamu tetap semangat dan melakukan instruksi ini dengan benar. Stofmap yang berisi sekian dokumen tadi harus dibawa ke Polres Jepara bagian pembuatan BPKB. Kalau bingung ruangnya, tanya sama petugas atau polisi yang sedang berseliweran.
Berikan stofmap ke loket BPKB. Bilang aja untuk balik nama. Di sini kamu akan diminta 3 lembar fotocopy milikmu. Itulah kenapa di atas tadi aku sarankan untuk memfotocopy KTP sebanyak 4 lembar.
Kamu akan menerima satu lembar dokumen yang harus di isi dengan memakai bulpoin. Karena sudah membawa dan memiliki bulpoin sendiri jadi ngisinya tidak perlu terburu-buru. Amati contoh dan sesuaikan kondisi kendaraanmu.
Bila sudah selesai, serahkan dan kembalikan dokumen tadi ke polisi petugas loket. Keluarkan uangmu sebesar Rp 225.000,- untuk pembuatan BPKB yang baru. Kamu akan diberi satu lembar bukti yang digunakan untuk mengambil BPKB yang baru dikemudian hari, entah kapan. Aku melakukan balik nama bulan Februari 2017, namun hingga Mei 2017 tak kunjung jadi. Silahkan hitung sendiri lamanya antrian BPKB baru.
Balik ke kantor SAMSAT (loket SPOPD)
Dokumen yang dari Polres Jepara tadi sekarang di bawa ke SAMSAT. Kali ini langsung menuju ke lokasi parkir terlebih dahulu. Kamu sekarang menuju ruang yang bernama SPOPD (lupa kepanjangannya apa!). Letaknya masih di dekat loket UJI FISIK. Berikan dokumen yang kamu bawa.
Ruang Utama SAMSAT
Dari ruang SPOPD kita telah menerima rincian biaya yang kita bayarkan. Biaya inilah yang akan kita bayar di ruang utama SAMSAT . Bilang ke petugas bahwa kamu ingin balik nama. Lagi-lagi petugas akan memberikan selembar kertas yang harus kamu isi. Tenang aja. Bulpoin masih di tangan. Bila sudah selesai, serahkan ke petugas. Kamu akan menerima satu kupon kertas antrian
Loket B
Biasanya untuk mengurus balik nama, kamu akan diarahkan ke loket B. Silahkan duduk santai sambil menunggu nomor antrianmu dipanggil. Jangan lupa siap-siap uang. Bila sudah membayar, kamu masih diminta menunggu untuk menerima plat motor baru dan STNK yang sudah berganti namamu. Prosesnya paling lama 1 jam.
Akhirnya selesai . . . .
. . . .Selamat ya!

0 Response to "PROSES BALIK NAMA SEPEDA MOTOR DI JEPARA "

Post a Comment