Keunikan goa barat kebumen : Fenomena seribu air terjun di dalam goa

Goa barat ,goa ini terletak di desa jatijajar kecamatan ayah kebumen. Goa ini dapat di jangkau 
Menurut warga sekitar nama goa barat berasal dari bahasa jawa yang artinya goa angina. Dan menurut sang juru kunci kenapa diberi nama goa barat karena dari dalam goa selalu menghembuskan angina ke luar mulut goa.
Angin kencang ini dalam bahassa jawa disebut angina barat. Saat musim tertentu, angina barat sangat kencang sehingga menimbulkan suara berisik bahkan membuat pepohonan bamboo di depan mulut goa bergerak tiada henti.
Goa barat merupakan goa yang memiliki 100 air terjun di dalamnya, walawpun belem tentu jumlahnnya memang ada 100. Namun karena saking bannyaknya maka di sebultah 100 air terjun. Air terjun ini berketinggian 0,5 – 10 meter yang menjadi jalur tirta dari mata air di kedalaman karst hingga keluar menjadi sungai permukaan. 
Dan salah satu dari 100 air terjun tersebut mempunyai ketinggian mencapai 32 meter. Karena saking derasnya serta ketinggian yang luar biasa, sampai sampai paraa petualang goa yang sudah internasional memberi nama supermen’s Big SISTER.
Rute menuju goa barat Kebumen
Goa barat lokasinya sangat mudah sekali di akses yang terrletak di sebelah goa jatijajar. Goa barat ini bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa menyewa jasa ojek, jaraknya dari goa jatijajar sekitar kurang lebih 2 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 15 – 20 menit. 
Akses jalan yang lumayan bagus membantu wisatawan untuk menuju kesana, sehingga membuat para wisatawan nyaman. Wisatawan gak perlu kawatir akan tersesat karena sepanjang jalan aka nada papan petunjuk, sehingga mudah untuk menemukan goa barat. Setelah sampai maka tinggal memarkirkan kendaraan di tempat yang sudah di sediakan.
Setelah sampai parker kendaraan, biasannyaakan di sambut oleh para pemandu caving. Sebelum memasuki goa, disana akan di bekali helem,sepatu, senter, dan pakaian khusus caving. Selama perjalanan menuju goa, akan di temani oleh pemandu yang juga membawa lampu petromaks, untuk melakukan kegiata caving.
Fasilitas di goa barat kebumen
Sepanjang perjalanaan caving , para penelusur tak akan bosan karena akan sekalu menemui berbagai keindahan yang ada di antaranya orchestra aneka batuan yang berwujud unik, seperti batu jenggot, batu tirai, batu korden, batu kuncup, batu Kristal dan masih banyak bebatuan yang lain. Bhkan di satu ruang terdapat di dalam goA ini dinamakan sawahan yaitu berupa tanah yanh terbentuk secara alamiah menjadi petak petak seperti layaknya sawah pada umumnya. Sungguh betapa indahnya ciptaan sang maha kuasa.
Masih banyak lagi keseruan di dalamnya, jika penasaran berkunjunglah ke sini dengan membawa keluarga, teman ataupun pacar.

0 Response to "Keunikan goa barat kebumen : Fenomena seribu air terjun di dalam goa"

Post a Comment