10 TIPS SEHAT DI MUSIM KEMARAU


hot weather
Liburan Musim Kemarau
Musim kemarau hampir menjelang. Bagaimana menjaga agar tetap sehat sekeluarga?
Berikut 10 tips agar tetap sehat di musim kemarau, sebagai berikut:

1. Selalu Terhidrasi.
Air segar dan jus akan menjaga kita tetap terhidrasi dan sejuk. Pastikan bahwa air minum yang kita konsumsi aman atau telah ditangani dengan tepat. Selalu simpan minuman kita dari sinar matahari langsung dan benda yang berbau tajam.

2. Konsumsilah Makanan Sehat & Vitamin
Secara alami makanan sehat & vitamin mendorong sistem kekebalan tubuh. Jadi perbanyak konsumsi buah segar dan sayur untuk dapat membantu melawan infeksi musim panas. Pastikan buah dan sayur tersebut telah dicuci dengan air bersih.

3. Hindari Udara Panas
Udara panas dapat menyebabkan kelelahan yang cepat. Disaat lelah kekebalan tubuh kita menurun. Lindungi keluarga kita dengan tetap berada di tempat yang teduh dan mengkonsumsi banyak air.

4. Pakai Topi Dan Tabir Surya
Tabir surya dapat menjaga anda beserta kulit anda dari efek sinar matahari yang berbahaya. Topi dan tetap berada di tempat teduh membuat anda tetap merasa sejuk dan kering, yang dapat menjadi solusi untuk terhindar dari bau badan dan biang keringat.

5.Pakailah Pakaian Katun (cotton)
Hal ini akan membuat kulit anda bernafas dan mengurangi jumlah keringat. Bakteri penyuka keringat merupakan penyebab dari biang keringat. Jadi cobalah untuk tetap menjaga kesejukan agar terhindar dari infeksi.

6. Mandi Secara Teratur
Hal ini dilakukan juga untuk menghindari keringat berlebih. Dengan rutin mandi menjadikan badan segar dan terbebas dari kuman penyebab bau badan.

7. Mencuci Tangan Secara Teratur
Ingatlah bahwa kuman hidup dimana-mana, mulai dari uang yang kita pegang, tas, mainan, peralatan kerja, alas dapur sampai pada pegangan pintu, anda secara terus-menerus melakukan kontak dengan kuman. Jadi mencuci tangan secara teratur adalah kunci untuk melindungi anda dari kuman yang dapat menyebabkan infeksi di musim panas.

8. Hindari Menggosok Mata
Gunakan handuk dan atau sapu tangan bersih untuk menghindari infeksi mata yang dapat menyebar dari satu orang ke orang lain.

9. Jagalah Tempat Minum Tetap Bersih
Wadah harus dikosongkan, dikeringan, lalu diisi ulang secara teratur untuk menghindari perkembangbiakan bakteri, jamur, bahkan nyamuk.

10. Bersihkan Alas Makan
Pastikan alas makan dan tangan anda telah dicuci dan dikeringan sebelum anda menyiapkan makanan untuk menghindari keracunan makanan. Tempat yang kotor menjadi area yang paling disuka oleh bakteri penyakit yang dapat masuk ke tubuh kita tanpa kita sadari.

Demikian tips sehat di musim panas atau musim kemarau, sehingga kita bisa tetap selalu beraktifitas seperti biasa dan tetap sehat.

0 Response to "10 TIPS SEHAT DI MUSIM KEMARAU "

Post a Comment